8.3.13

ERTIGA


  ERTIGA



http://suzuki.co.id/images/cars/ertiga/pic_thumb_ertiga_4.jpg http://suzuki.co.id/images/cars/ertiga/pic_thumb_ertiga_5.jpg http://suzuki.co.id/images/cars/ertiga/pic_thumb_ertiga_6.jpg



Nama ERTIGA berasal dari bahasa Indonesia, yaitu gabungan dari: Er (dari huruf R) yang berarti Row (baris) dan Tiga yang berarti angka 3. Jadi ERTIGA berarti mobil yang memiliki 3 baris pada interiornya dengan berkapasitas 7 orang penumpang / 7 seaters seperti MPV. ERTIGA merupakan perpaduan MPV dan sedan, yakni dengan platform Suzuki New Swift sehingga menghasilkan sebuah kenyamanan yang tidak dimiliki oleh kendaraan Low MPV lainnya. ERTIGA akan dipasarkan prinsipal Suzuki Motor Corporation, Jepang secara global.


ERTIGA hadir diawal berupa mobil konsep dengan nama RIII di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 dan tampil perdana secara global/global premiere di ajang Auto Expo 2012, New Delhi pada awal Januari 2012 silam dengan nama resmi, ERTIGA.. 

ERTIGA merupakan produk MPV Global berjenis Low MPV yang pertama dipasarkan di Indonesia. Diharapkan dengan hadirnya mobil ini dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan para keluarga Indonesia akan mobil keluarga yang aman dan nyaman dalam berkendara, sekaligus memiliki rasa excited atau suka cita untuk memiliki pengalaman yang menyenangkan terhadap produk ini, seperti taglinenya, yaitu "ERTIGA - Lebih Mengerti Keluarga".

ERTIGA hadir dengan Varian GA, GL, GX semua dengan transmisi Manual, untuk melengkapi jajaran produk mobil - mobil Suzuki yang ada saat ini, sekaligus memberikan penyegaran dan variasi produk pada segmen pasar kelas MPV Bonnet di tanah air.

Mobil ini menggunakan sistem penggerak roda depan (Front Wheel Drive / FWD) dan dengan sasis / chassis Monocoque ditambah lagi mesin bensin tipe K-Series terbaru berkapasitas 1.373cc atau 1,4-liter dan berplatform Suzuki New Swift. Sehingga menjadikan ERTIGA sebagai kendaraan MPV senyaman sedan, dimana hal tersebut tidak dimiliki oleh kendaraan kompetitor di kelasnya, dan mobil ini sangat cocok sebagai mobil keluarga yang nyaman, aman dan juga tampil gaya / stylish bagi penggunanya, namun dapat digunakan oleh individu.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi microsite Suzuki Ertiga www.ertigamengertikeluarga.com   

Klik disini untuk mendaftar test drive secara online

PRODUCT FEATURES
EXTERIOR 
Dibagian eksterior, desain terlihat stylish dan mewah. Dibagian depan, terdapat Halogen Headlamp with multi reflector, Fog Lamp, Stylish Front Bumper, Front Grille, dan antenna. Serta di sisi samping Body color,terdapat Outside mirror with side turn signal (GX, GL), Body color Door handle (GX, GL), Tire & Alloy Wheel 185/65 R15 dan tampilan body samping yang aerodinamis.

Selain dilengkapi sistem keamanan dan fitur yang lebih modern, ERTIGA tersedia dengan pilihan warna baru yang menarik dan dinamis, yaitu seperti Dusky Brown, Serene Blue, Pearl White, Cool Black, Silky Silver, Graphite Grey, Radiant Red, dan Burgundy Red.


  INTERIOR
Pada bagian interior ERTIGA, terlihat nuansa modern, stylish dan elegan. Panel instrumen dirancang dengan desain yang modern dan mewah. Stir dilengkapi dengan Electronic Power Steering dan Tilt steering, switch audio pada stir (tipe GX).


Head unit menggunakan integrasi audio system 2 Din yang dilengkapi CD player, dapat memutar MP3, USB connection serta sistem aux-in yang dapat dihubungkan langsung dengan iPod, USB Connection, serta 4 speaker (GX & GL) dan 2 tweeter (GX).
Pada cluster meter terdapat MID (Multi information display) yang terdiri dari Temperatur diluar kabin, penggunaan bahan bakar sesaat dan rata-rata serta jam.

Ruang kabin ERTIGA dirancang lapang di bagian head room dan leg room. Di bagian belakang / baris ketiga dirancang senyaman mungkin, dengan tuas sekali tarik folding dan sliding pada kursi ke-2, memudahkan penumpang keluar masuk baris ke-3. Mobil ini memiliki ruang bagasi yang lega dan kursi belakang dapat dilipat sehingga memudahkan untuk memasukkan dan mengeluarkan barang bawaan. Disisi samping, dilengkapi juga dengan beberapa compartment / tempat penyimpanan barang sehingga memudahkan penumpang jika dipakai perjalanan jarak jauh / luar kota.

Untuk keamanan, dilengkapi pula dengan Safety belt dengan 3 point ELR (Emergency Locking Retractor), dapat mengunci secara otomatis pada saat terjadi hentakan atau benturan tiba- tiba, dan height adjuster (GX), yaitu dapat diatur tinggi rendahnya sesuai dengan postur pengemudi dan penumpang sehingga dapat memaksimalkan kinerja safety belt sesuai dengan postur penumpang.

Agar ruang kabin terdengar senyap, maka ruang kabin dilengkapi peredam suara yang efektif atau NVH: Noise, Vibration, Harshness (Kebisingan, Getaran, Kekerasan) disekeliling ruang kabin.


 
PERFORMANCE

Untuk dapur pacunya, ERTIGA menggunakan mesin seri K yaitu K 14 B berbahan aluminium yang ringan, bertenaga dan responsif, bekerja lebih efisien sehingga tetap hemat bahan bakar.

Untuk dapur pacunya, ERTIGA menggunakan mesin seri K yaitu K 14 B berbahan aluminium yang ringan, bertenaga dan responsif, bekerja lebih efisien sehingga tetap hemat bahan bakar.

Konfigurasi mesinnya adalah 4 silinder segaris, 1.373 cc, DOHC, 16 katup, VVT (Variable Valve Timing). Didukung Multi Point Injection, atau sistem suplai bahan bakar kedalam ruang bakar mesin terkonrol secara elektronik sehingga menghasilkan pembakaran sempurna dan mendapatkan performa mesin yang baik, emisi gas buang yang baik (sesuai dengan standar euro-3) dan pemakaian bahan bakar ekonomis. Tidak hanya itu tenaga/ daya maksimum 95 PS/ 6.000 rpm dengan torsi maksimum 130 Nm/ 4.000 rpm sehingga mobil bertenaga sejak putaran mesin rendah dan dapat bermanuver di dalam maupun luar kota.

Mesin mobil ini menggunakan Drive-By-Wire Technology sehingga menghasilkan kinerja mesin lebih akurat, responsif dan akselerasi lebih responsif karena didukung adanya sistem ECM (Electronics Control Module) dan bukaan katup bahan bakar dikendalikan oleh sensor potensiometer pengganti kabel gas. Tenaga yang dihasilkan pun menjadi optimal, bahan bakar lebih hemat dan emisi gas buang yang rendah sehingga lebih ramah terhadap lingkungan atau eco-friendly.

Untuk menghasilkan sebuah MPV senyaman sedan, ERTIGA berplatform Suzuki New Swift dengan chassis Monocoque. Dilengkapi dengan Suspensi depan menggunakan MacPherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang, Torsion beam with Coil Spring. Kedua suspensi ini mampu meredam getaran secara signifikan, sehingga tetap nyaman di jalan aspal dan tidak beraspal. Pengendalian/ handling kemudi pun lebih dinamis, tetap stabil meski bermanuver dalam kecepatan tinggi. Sehingga pengemudi dan penumpang merasa nyaman pada segala kondisi medan jalan.

Kenyamanan ERTIGA lebih lengkap dengan fitur Front Wheel Drive (Penggerak roda depan). Keunggulannya adalah untuk menggerakan roda tidak perlu melalui propeler shaft sehingga akselerasi lebih responsif, konsumsi bahan bakar lebih irit, space floor ERTIGA menjadi lebih lega, dan tidak mudah slip dijalan yang licin. 

 
 


SAFETY
ERTIGA dibekali dengan perangkat keamanan yang mumpuni dan lebih unggul untuk produk MPV sejenis dikelasnya, antara lain; dilengkapi dengan Immobilizer dan alarm, sebuah sistem yang mampu mencegah terjadinya pencurian. Sistem ini secara otomatis mencocokkan kode kunci saat mesin dihidupkan sehingga mesin tidak dapat dinyalakan jika menggunakan kunci yang bukan aslinya (duplikat). Tentunya memberikan keamanan dan kenyamanan pemakainya dari resiko pencurian kendaraan ,serta adanya Keyless Entry, membuka pintu tanpa memasukkan anak kunci kedalam lubang kunci pintu, cukup dengan menekan tombol buka pada kunci dalam jarak tertentu. 

================================================================================
COLORS LINE UP

Dusky Brown Metallic || Serene Blue Metallic || Pearl White    || Cool Black Metallic || Silky Silver Metallic  || Graphite Gray Metallic    || Radiant Red Pearl ||
Burgundy Red Pearl
================================================================================

TVC 





SPECIFICATION


DIMENSIONS



GA                 GL                 GX
Overall Length mm
4.265
Overall Width mm
1.695
Overall Height mm
1.685
Wheelbase mm
2.740
Front Tread mm
1.480
Rear Tread mm
1.490
Ground Clearance mm
185
Minimum Turning Radius m
5.2
 

WEIGHT

Curb Weight kg
1.160
1.175
1.180
Gross Vehicle Weight kg
1.760
 

ENGINE

Type
K14B (DOHC-VVT)
Cylinder
4 in-line
Number of valves
16
Piston Displacement cc
1.373
Compression Ratio
1 : 10
Bore x Stroke mm
73.0 x 82.0
Max. Power ps/rpm
95/6.000
Max. Torque nm/rpm
130/4.000
Fuel System
Multi Point Injection
  

TRANSMISSION

Type
5 MT
Gear Ratio 1st
3.909

2nd
2.043

3rd
1.407

4th
1.064

5th
0.815

Reverse
3.250
Final Gear Ratio
4.687
 

CHASSIS

Steering
Rack & Pinion
Brakes ABS
-
ABS & EBD

Front
Ventilated disc

Rear
Leading / Training Drum
Suspension Front
MacPherson Strut with Coil Spring

Rear
Torsion Beam with Coil Spring
Tyres
185/65 R15
 

CAPACITY

Fuel Tank Cap. Litre
45


 Sumber: suzuki.co.id


________________________________________________________________________________

Untuk Informasi dan Pemesanan:
Hub. Hendra:
0818 0613 1243
021- 7040 5918