17.3.13

MENJAGA KINERJA MESIN TETAP SEMPURNA

NIAT hati menggunakan mobil ketika bepergian ke sana kemari agar lebih nyaman saat musim hujan, justru berubah bencana ketika mesin tiba-tiba ngadat di tengah jalan. Hujan, mobil mogok, dan jalanan macet. Sebuah formula sempurna untuk membuat hati dongkol. Pernahkah Anda mengalaminya?

Peristiwa semacam ini bisa dihindari andai saja sang pemilik rajin merawat kendaraannya. Perawatan kendaraan bermotor yang dilakukan secara setengah-setengah dapat mengakibatkan beragam keluhan yang mengganggu kenyamanan berkendara.

Hal yang utama adalah kenali cara kerja mesin kendaraan dan peka dengan kondisi mobil. Sebelum akhirnya tiba-tiba ngadat, umumnya kendaraan Anda akan mengirimkan beberapa sinyal terlebih dulu. Misalnya, tiba-tiba jalannya tersendat-sendat hingga akhirnya tak mau diajak melaju.

Cara perawatan kendaraan termudah adalah selalu mengisi bahan bakar sebelum indikator tangki menunjukkan titik E atau empty (kosong). Membiarkan bahan bakar sampai di titik terendah dapat menyebabkan kotoran terangkat yang akhirnya mengendap di bagian filter dan tercampur dengan bensin. Akibatnya, proses pembakaran tidak sempurna.

Filter bahan bakar yang tersumbat gara-gara karat, air, ataupun lumpur juga dapat menyebabkan mesin tersendat-sendat, terutama dalam kecepatan tinggi. Itu sebabnya, bagian ini termasuk komponen utama yang diperiksa pada setiap melakukan servis rutin. Bersihkan secara berkala atau ganti dengan yang baru jika kondisinya tak lagi sempurna.

Tidak lancarnya aliran bahan bakar ke ruang bakar mesin juga menjadi penyebab mesin sulit di-starter. Cobalah periksa bagian platina, yang biasa menglami aus setelah beberapa lama pemakaian atau kotor. Mengampelas platina untuk menghilangkan kotoran setiap sebulan sekali bisa menjadi salah satu cara perawatan rutin. Namun jika sudah aus, sebaiknya segera ganti karena bila terlalu lama didiamkan, dapat mengganggu sistem pengapian dan mesin akan mati sama sekali.

Demikian pula halnya dengan bagian busi yang juga menjadi komponen penting untuk kelancaran proses pembakaran mesin. Bersihkan secara berkala dengan cara mengampelas tumpukan kotoran, terutama pada bagian isolator elektroda tengah yang dapat membuat busi mati yang menyebabkan mesin tak lagi berjalan sempurna.