17.3.13

Mobil Otomatis atau Manual, Pilih Mana?

Setiap orang punya selera yang tak bisa diintervensi orang lain. Dalam urusan memilih mobil, selera ini juga berbicara. Ada mobil bertransmisi otomatis dan ada pula yang manual. Pilih yang mana?

SELERA boleh terlibat, tetapi sebaiknya Anda juga berpikir secara rasional. Ini akan mengingatkan Anda tentang kondisi lingkungan tempat berkendara. Secara teknis, mobil otomatis lebih praktis dan mudah dikendarai, tetapi mobil manual lebih hemat bahan bakar dan mudah dikendalikan. Kondisi jalanan yang lebih sering Anda lalui akan membantu menemukan jawaban atas kebutuhan ini.


Jika kondisi lalu lintas yang dihadapi sering macet, seperti Jakarta, tentu akan Iebih praktis bila memilih mobil otomatis. Alasannya, tangan dan kaki kiri Anda dapat beristirahat dan tinggal kaki kanan yang bekerja. itupun hanya untuk menginjak pedal gas dan rem.

Mobil bertransmisi otomatis juga cocok untuk perempuan, warga lanjut usia, maupun orang yang menyandang penyakit persendian. Pengemudi yang pernah mengalami patah tulang juga amat terbantu dengan mobil otomatis.

Soal konsumsi bahan bakar, mobil otomatis dianggap lebih boros. Namun, kemajuan teknologi otomotif mampu memperbaiki performa mobil otomatis dalam hal konsumsi bahan bakar. ltulah sebabnya muncul istilah manumatic untuk menyebut mobil yang memadukan transmisi otomatis dan manual yang dioperasikan lewat tombol pada setir.

Bagaimana dengan mobil manual? Kalau dikendarai dengan benar, mobil manual mampu menghasilkan akselerasi dan top speed yang tinggi, serta reaksi yang lebih spontan. Sebab, mobil manual tak memiliki torque converter sehingga bobotnya lebih ringan. Dengan demikian mobil manual juga lebih hemat bahan bakar.

Sementara tentang perawatan dan perbaikan, mobil omatis membutuhkan biaya yang lebih tinggi, sebab terdapat banyak komponen canggih dan rumit yang jika rusak bisa berdampak sistematik. Artinya, jika ada satu komponen rusak, komponen lain bisa tak berfungsi. Adapun soal harga, mobil otomatis lebih mahal sekitar 10 jutaan dibanding versi manualnya.

Sekarang semua tergantung kebutuhan Anda. Bila sudah memutuskan membeli mobil otomatis atau manual, segera hubungi SUZUKI FINANCE untuk mendapatkan kredit kendaraan bermotor (KKB).

Info lebih lanjut:

Hendra
Hp. 0818 0613 1243 / 021- 7040 5918
PT. KEBAYORAN JAYA INDAH UTAMA